Si Corona yang lagi mengHITS



sumber : www.ayobandung.com


Artikel ini saya kutip dari WAG Kelas Mommylogy.
Dengan narasumber : Dr.Muhammad Riedha MSc
Judul Materi nya adalah Community-based prevention = pencegahan berbasis masyarakat.

Assalamu'alaikum wr wb
Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah swt yg mana atas rahmat dan hidayahnya, kita masih diberi kesehatan. 

Dr.Muhammad Riedha MSc adalah seorang Public Health Physician yang melihat permasalahan kesehatan dari lingkup manusia; komunitas; negara dan global.

Tak bisa kita pungkiri ya saat sekarang, sebagian daerah harus lockdown, karena ancaman virus corona yang berbahaya, ditambah dengan banyak nya berita-berita hoax yang beredar semakin membuat ketakutan di masyarakat.

Apa itu COVID19? 

sumber : kompas.com

Mungkin kita sudah sering membaca atau mendengar nama yang belakangan telah mengegerkan publik sebagai suatu bencana global. COVID19 adalah sebuah istilah yang merupakan kepanjangan dari Corona Virus Disease – 2019, yaitu diagnosa penyakit infeksi pernapasan akut yang disebabkan oleh SARS-CoV-2. Penyakit ini pertama kali mewabah di Kota Wuhan, China. 

Perbedaan akut dan kronis adalah di rentang waktu kejadiannya. Dikatakan akut apabila kondisi yang baru baru terjadi (biasanya dalam rentang 1-2mggu) ; sedangkan kronis, sesuatu yang sudah berlangsung lama. (>2minggu). 


Saat ini Hampir seluruh negara telah melaporkan adanya kasus positif. Sedangkan di Indonesia, angka terkonfirmasi sudah melebihi 1000kasus.

Berdasar data dari pemerintah China, secara spesifik bisa dilihat ternyata angka kematian yang paling banyak terjadi di usia diatas 70 tahun, dan rata2 pasien sudah memiliki penyakit pemberat lainnya, seperti: diabetes, hipertensi, dsb. Namun bukan berarti hal ini membuat teman2 kalangan yang berusia lebih muda menjadi terbebas dari infeksi virus tersebut. 

Kasus yang terjadi di Korea dan Italia, banyak yang menjadi 'carrier' yang membawa virus itu ke rumah lalu menularkan pada orang di rumah.


Lalu apa sih Coronavirus itu?

Asal kata Corona adalah Crown yang artinya mahkota. Jika dilihat bentuk anatomis virusnya, berbentuk bulat dan memiliki tanduk/ spike yang mirip dengan tanduk mahkota. 

Coronavirus ini merupakan family of Viruses , jadi virus ini merupakan "sekumpulan" keluarga dari jenis coronaviridae, yang apabila menginfeksi maka manifestasi nya bisa mild-moderate-severe. 

Umumnya ditemukan di hewan, itu sebabnya penyakit ini dinamakan Zoonotic. dalam bahasa inggris Zoo itu artinya kebun binatang. Maka Zoonotic arti mudahnya adalah, sekumpulan penyakit yang ada di binatang dapat tertular ke manusia.


Pneumonia


Biasanya dikenal di kalangan awam sebagai penyakit paru2 basah atau sesak nafas. Umumnya pneumonia bisa disebabkan oleh berbagai macam, yaitu: bakteri, jamur dan virus. Semua kalangan usia dapat mengalami infeksi pneumonia.

Jika kita kembali ke pelajaran Biologi , kalau masih ingat, saluran pernapasan kita terbagi menjadi 2, yaitu: saluran pernapasan atas dan bawah. Pada kasus pneumonia ringan-sedang, biasanya patogen2 ini menyerang di saluran pernapasan atas. Gejalanya biasanya hanya pilek2 atau hidung meler. 

Sedangkan kasus yang berat (biasanya hingga menyebabkan sesak napas hingga gagal pernapasan) biasanya patogen sudah menyerang hingga ke saluran pernapasan bawah.

Penjelasan mudahnya begini: dapat dilihat di gambar diatas, paru2 manusia tampak seperti ada akar2 hingga ke ujung2 bawah. nah patogen2 tersebut apabila sudah masuk hingga ke ujung akar bawah, lalu tersangkut disana, itu yang menyebabkan kantung2 alveoli menjadi tidak berkembang yang akhirnya timbul gejala seperti sesak napas; gagal pernapasan. Patogen tersebut bisa masuk hingga ke saluran paling bawah apabila proteksi tubuh seseorang tidak baik /atau imunitas tubuh kita sedang menurun. Kata kunci disini adalah : daya tahan tubuh Obat utama untuk dapat sembuh dari infeksi virus adalah Imunitas tubuh kita. 

Imunitas dapat nya dari mana? dari asupan nutrisi yang seimbang dan kualitas baik. bisa didapatkan dari makanan-makanan yang bergizi.

Bagaimana virus corona bisa masuk ke manusia?



Virus corona yang biasanya hidup didalam tubuh hewan dapat berpindah kedalam tubuh manusia seperti melalui mukosa saluran pernapasan dan juga melalui saluran pencernaan. Saat seseorang mengonsumsi hewan yang mengandung corona, maka virus ini akan berkembang dan hidup didalam tubuh manusia yang kemudian dapat menular ke manusia lainnya.

Hewan berfungsi sebagai reservoir atau "kolam/empang" tempat berkumpulnya virus. sedangkan manusia adalah Host atau "inang/induk" dan selayaknya induk, virus menjadikan manusia sebagai tempat berkembang biak. 

seringkali kita mendengar seseorang di isolasi-mandiri atau di karantina jika sudah terpapar virus ini selama kurang lebih 14 hari, karena menurut data dan teori yang ada, virus ini berkembang biak di tubuh manusia sampai dia menimbulkan gejala rata2 selama 14 hari (terkadang bisa lebih dari 14 hari).

Lalu bagaimana virus ini menyebar?


Lalu bagaimana virus ini menyebar?

- penyebaran virus ini melalui droplet (percikan air liur) meskipun belakangan ada laporan kemungkinan virus ini menyebar melalui airborne, namun hal ini masih di selidiki oleh pihak offical terkait. Data menunjukkan penyebaran airborne terjadi di areal Rumah Sakit; dengan ruangan yang tertutup, virus tersebut dapat bertahan kurang lebih 3 jam. (bila airborne) 

- bedanya apa antara airborne dan droplet? kalau airborne itu penyebaran kuman melalui perantara udara, dan contoh penyakit seperti : campak

- sedangkan droplet, penyebaran yang melalui percikan air liur dan membutuhkan seseorang yang sudah terinfeksi untuk mengeluarkan percikan melalui batuk dan bersin. Dapat dilihat di gambar bahwa jumlah droplet paling banyak terdapat di bersin (40 ribuan) yang mengandung mikroorganisme baik itu virus maupun bakteri. 

- Untuk umat muslim, salah satu alasan ketika bersin dianjurkan mengucapkan Alhamdulillah, adalah karena Allah ingin memberi tahu ummat nya, bahwa kita telah berhasil mengeluarkan 40 ribuan droplet yang berisi mikroorganisme. 

- lompatan droplet nya bisa mencapai jarak 1-2 meter.

- gejalanya tidak jauh berbeda dengan penyakit influenza lainnya, dengan salah satu khas gejala pada infeksi virus adalah demam mendadak dengan temperatur tinggi. Laporan yand sudah tersedia menyebutkan sekitar 80% pasien mengalami batuk kering yang diserta sesak nafas.





Sayangnya pengoabatan spesifik untuk COVID-19 belum tersedia, karena virus ini merupakan strain baru dari family coronavirus, beberapa pengobatan sedang diujicobakan.

- Vaksin yang sudah tersedia saat ini tidak spesifik untuk coronavirus, melainkan untuk pneumonia yang disebabkan oleh bakteri. 

- Oleh karena itu, yang dapat dilakukan sebagai individu atau komunitas adalah meningkatkan Imunitas tubuh dan mencegah penyebarannya agar tidak meluas.


kabar baiknya adalah: terdapat beberapa negara telah melaporkan angka kesembuhan 100%, dan ke-4 negara ini adalah negara berkembang yang bertetangga dengan indonesia. Dan juga dengan upaya pencegahan yang optimal.

Kami, di Rumah sakit dan instansi kesehatan lainnya membutuhkan peran rekan-rekan semua untuk dapat menerapkan pola hidup sehat dan menjaga diri di kerumunan. Agar dapat memutus rantai penularan virus corona.

Mari kita mencegah!


Satu Upaya pencegahan yang sangat gencar dikampanyekan adalah etika batuk/bersin di ruang publik. tujuannya adalah agar tidak membahayakan diri sendiri dan juga lingkungan sekitar.

- Idealnya ketika bersin/batuk dengan menggunakan tisu, karena setelah itu tisu bisa langsung dibuang. Namun apabila tidak membawa tisu, bisa batuk/bersin di siku lengan bagian dalam.




 Melakukan Etika bersin/batuk dengan baik saja tidak cukup, perlu kombinasi dari beberapa langkah pencegahan lainnya, salah satunya adalah konsep GERMAS. 

Berikut gambar di atas 👆🏼beberapa hal yang ada dalam program GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari2

- Sebagai tambahan, berikut ini info penting semoga bisa disampaikan ke suami/ayah/paman/ tante/tetangga nya mengenai perilaku merokok. Ternyata apabila seseorang merokok akan meningkatkan resiko tertular virus corona. 

- Penjelasan mudahnya seperti ini: apabila saluran pernapasan yang sudah sering terpapar oleh asap rokok, artinya lapisan epitel mukosanya sudah sering ter iritasi. dan apabila dalam kondisi teriritasi, maka mikroorganisme termasuk bakteri dan virus dapat mudah menyerang lapisan mukosa tersebut. Sehingga memudahkan perokok untuk terinfeksi.




 Idealnya mencuci tangan dengan air mengalir + sabun. 
- Bagi orangtua yang pulang ke rumah setelah beraktifitas di luar, harap mengganti pakaian dan bebersihan (mandi, sikat gigi) sebelum berinteraksi dengan anggota keluarga lainnya, apalagi bermain dengan anak. hindari dulu mencium2 wajah anak, 

> Bagi ummat muslim, disarankan untuk tetap menjaga Wudhu. Karena dalam langkah2 wudhu, telah terdapat beberapa tahapan dalam membersihkan telapak tangan, areal mulut, rongga hidung dan juga seluruh wajah.




beredar juga info di masyarakat mengenai penggunaan sanitizer untuk pencegahan penularan kuman.

- faktanya begini: sanitizer termasuk golongan antiseptik, untuk penggunaan di permukaan kulit manusia. kandungan utamanya adalah 60-70% alkohol. maka dari itu, penggunaannya pun dianjurkan hanya 5x dalam sekali waktu berturut-turut, setelah itu lebih baik di bilas dengan air mengalir. 

- jadi idealnya adalah mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, sanitizer bukannya pilihan pertama. 

- Sedangkan disinfektan, adalah khusus untuk mebersihkan permukaan benda mati, seperti handle pintu, lantai, kaca dan lain lain. Kegiatan disinfeksi juga biasa dilkukan di rumah tangga, seperti: ngepel, bersihkan kaca rumah, dan lain2, dengan karbol dan lain2


Saat ini perlu di tekankan konsep social distancing atau senggang sosial untuk memutus rantai penyebaran virus di komunitas kita.


alur yang dapat dipakai untuk mengetahui apakah kita sudah perlu berobat/belum.


1. Berjemur bisa meningkatkan imunitas tubuh, karena kita menyerap vitamin D, yang nantinya berperan di imunitas. Tapi bukan hanya vitamin D ya, musti gabungan dari vitamin2 lainnya. Jadi, asupan nutrisi yang bergizi dan variatif itu adalah koentji 🔑

2. Apabila batuk, biasanya malam dan pagi hari adalah waktu2 dimana produksi dahak paling tinggi. Maka sangat wajar apabila malam hari jadi terasa batuk dan sesak. Tapi kalau gejala ini tidak memberat (bertambah berat intensitasnya setiap hari) masih bisa diberikan obat batuk






Kesimpulan dari beliau :
Terakhir, agar kita semua dapat Selalu update berita dari sumber terpercaya dan jangan lupa untuk selalu tabayyun / crosscheck informasi. Dan saya ucapkan banyak terimakasih atas kesempatan yang diberikan dan semoga kita dapat menerapkan pola hidup sehat sehari hari. Untuk pertanyaan lebih lanjut bisa melalui akun instagram:

ACT : @actforhumanity
Medis ACT : @medicsforhumanity_
dr Riedha: @dok.mo


Terimakasih kepada :
1. Dr.Muhammad Riedha MSc sebagai narasumber.
2. Khatimaturradhiyah sebagai moderator.
3. Semua Peserta Kelas Mommylogy


2 Komentar

  1. Pandemik covid 19 begitu cepat penyebarannya, mudah2an kita terhindar dr pandemi ini.. Smg cepat berakhir dan kita bisa belajar hidup bersih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin.... semoga saat memasuki bulan suci ramadhan, pandemik covid 19 ini segera berakhir.

      Hapus